Senin, 17 Juni 2013

Wisata Candi @Candi Plaosan Lor

Masih seputar Blusukan ke candi, Kali ini ke Candi Plaosan Lor, hehehe candi yang sudah kami rencanakan untuk dikunjungi, emh, udah belum ya?...rada lupa niii, direncanakan apa enggak, hahaha. Apapun itu yang penting aamajingdeh, Candi Plaosan ini terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, dan sudah masuk wilayah Kabupaten Klaten. Dan Letaknya masih sekitar perbatasan dengan Jogja, Dan Candi ini masuk ke dalam Candi Budha, info nya bisa di baca di Candi_Plaosan . 
Untuk biaya retribusi kalo tidak salah Rp 2.000 per orang, murah kan? belum tau juga sekarang sudah mengalami perubahan atau masih sama. harga Rp 2.000 sekitar tahun 2011 yang lalu sih, moga-moga aja masih sama, biar terjangkau dan banyak yang mengunjungi terus bisa deh di manfaatkan sebagai pemasukan daerah. Candi ini memang sedikit berantakan kala itu, soalnya masih ada candi-candi yang runtuh karena belum selesai di pugar semenjak kena gempa 2006 yang lalu, semoga saja sekarang sudah agak mendingan dan bisa terlihat lebih rapi dan tertata. Untuk beberapa candi yang masih utuh kondisinya bener-bener bagus, hehehe, apalagi dikelilingi dengan rumput hijau yang tersusun dengan rapi, seperti taman, haahahaha, natural banget situasinya. Pas sepi bisa deh tu bernarsis ria sepuas-puasnya, soalnya kawasan candi lumnayan cukup luas. Oya pas kesana dulu tuh ada pengunjung juga yang pada berdoa dikaawasan candi, jadi jangan takut kal pas kesini ada bau-bau Dupa ataupun kemenyan, hehehehe. Soalnya ada Candi yang digunakan untuk berdoa. 
Candi Plaosan Lor
Papan Informasi tentang Candi Plaosan Lor
Candi Plaosan Lor
Candi Plaosan Lor
Candi Plaosan Lor
Candi Plaosan Lor
Candi Plaosan Lor
Yipyiiiii, begitulah pengalaman ku saat berkunjung ke candi Plaosan, hehehe, sebenernya masih ada Plaosan Kidul, tapi berhubung sudah letih maka kami memutuskan untuk pulang dan melanjutkannya dilain waktu. Tapi sampai sekarang belum sempat melanjutkannya, ditambah lagi partnerku sudah pulang ke kampung halamannya, dan nggak tau kapan kembali lagi, hikzzz (T.T)....bakalan mblusuk sendiri deh kalo terlaksana, Yaah setidaknya ada harapan untuk kembali meneruskan sebuah perjalanan mblusuk, hahahaha, Thanks ya partner, dah mau menemaniku, semoga kau jadi partnerku seumur hidup, uyeeeeee. (^_*)

Daftar Biaya
- Retribusi Rp 2.000/ orang
- Parkir Rp 2.000/ motor

1 komentar: