Selasa, 11 Juni 2013

Wisata Candi @Candi Banyunibo

Time to Blusukan.....hehehe, kali ini q mblusuk ke Candi Banyunibo, tanpa rencana dan bisa mblusuk ke tempat yang luar biasa...sepi, tapi candinya bagus, bagus karena hanya ada satu, jadi nggak perlu capek explore semua, hahahaha. Udah gitu, gratis pula, wkwkwkwk, soalnya tidak ada penjagaan di pintu masuk, jadi siapa aja bisa deh masuk kawasan, Awalnya tujuan perjalanan adalah ke Candi Ijo, dan ketika berangkat melihat ada petunjuk ke arah Candi Banyunibo, jadi dengan beberapa pertimbangan akhirnya kami, aku dan memeey memutuskan untuk ke Candi Ijo dulu baru pulangnya ke Candi Banyunibo, soalnya letak Candi Ijo sendiri itu lebih jauh dan lebih di atas lagi, makanya menuju Candi Ijo dulu, hehehehe.
Candi Banyunibo letaknya masih sekitar Candi Ratu Boko, Nah kalo untuk kawasannya sendiri, bingung juga nih masuk wilayah Jogja atau Klaten, hehehehe. Kalo q dari Jogja mengira ini masih kawasan Jogja, xixixi, pastinya kurang tahu, Dari Pertigaan Lampu merah sebelum Prambanan dari arah barat, belok kanan setelah Jembatan, jadi melewati pasar Prambanan, dari situ ikuti jalan besar aja, nanti sambil melihat petunjuk jalan. Wkwkwk plus GPS manual, alias nanya penduduk setempat, soalnya Candi Banyunibo ini letaknya berdekatan dengan pemukiman penduduk, bahkan melewati perumahan penduduk. Candi Banyunibo terletak di Coordinates:   7°46'41"S   110°29'39"E (sumber wikimapia). 
Nah, begitu sampai, agak bingung juga, bayar enggak ya? terus parkirnya dimana ya?...jadilah karena tidak ada siapapun kecuali kami berdua, akhirnya kami parkir di tepi jalan depan Candi, hehehehe, kanan kiri penuh dengan rumput gajah yang lumayan tinggi, untung cuaca cerah, jadi kami merasa aman, hahaha. tapi masi takut-takut juga sih, heeee, yaaa namanya sepi kan ada untung daan ruginya, tapi kami lebih banyak dapat untungnya. Bisa foto sepuasnya tanpa malu dilihat orang-orang, daaaaaan satu hal yang masih ku ingat, saat q jatuh terpeleset di rerumputan, untung teman sendiri yang liat, jadi kalo diketawain nggak malu, hahahaha
Candi Banyunibo merupakan salah satu Candi Budha, Banyunibo itu berarti air jatuh dalam bahasa jawa, (Banyu = air, Tibo = jatuh) ....sumbernya dari wikipedia, tapi emang gitu si artinya, q sebagai orang jawa tulen membenarkan arti tersebut, hehehe, sejarah lainnya, q kurang paham, hahaha. Namanya juga Blusukan dan niatan untuk narsis, jadi ya gituuu, xixixixixi. Tapi untuk keterangan mengenai Candi ada di papan informasi, namun kami berdua malas untuk membaca, jadi cuma di foto aja tanpa tau tulisannya terbaca atau tidak. Yangpenting bagi kami sudah bisa sampai di tempat dengan selamat udah bersyukur, wkwkwkwk.
Candi Banyunibo
Candi Banyunibo
Candi Banyunibo
Papan informasi Candi Banyunibo)
Hehehehe, ya seperti itulah gambaran Candi Banyunibo yang berhasil ku dokumentasikan, dan enaknya disini bisa keluar masuk candi,,,bisa manjat candinya juga, padahal sebenarnya tidak boleh. Tidak bolehnya karena untuk menjaga kelestarian Candi, tapi pas di sana tidak ada aturannya sih, hehehe, itu bersumber dari kesadaran masing-masing, tapi kala itu q dan memey sadar tapi tidak peduli, dan ini tidak patut di contoh, hehehehe. Ukeeeey....masih ada postingan lain tentang blusukan yang terencana maupun tidak terencana, hahahahaha. (^.^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar