Senin, 11 Maret 2013

Wisata Probolinggo @gunung bromo

1-2 Januari 2013

Tahun baru 2013 ini tepatnya tanggal 1 – 2 Januari, q awali dengan berpetualang ala gembel ke Bromo dengan modal nekat bersama 2 orang teman. Rencana ke Bromo udah jauh jauh hari semenjak pertengahan tahun lalu, temenku vita dan eyik mereka rajin banget browsing cari info tentang paket-paket liburan murah ke BROMO, dan akhirnya vita nemuin CP mz iwan, yang biasa jd tour guide kawasan Bromo. Dengan biaya @ Rp. 400.000,- diluar harga tiket PP Jogja-Probolinggo kami bertiga akhirnya ambil ni paketan ala pendaki gunung. Secara kita nantinya tidur di dome di kaki gunung Bromo, bukan di penginapan ato home stay gitu, hehehe. Selain itu kami juga dapat makan+camilan ala kadarnya yang dimasak depan dumb. Sebenarnya kami mendapat Perlengkapan yang perlu di bawa nih, head lamp/senter + Sleeping Bag + Rain Coat (berhubung kami datang saat musim hujan) + pakaian ganti, alat mandi (kalo perlu) + sarung tangan + tutup kepala + syal + Jaket + Logistik/camilan + minuman (secukupnya) + KAMERA (Wajib Hukumnya, hahaha)
Oke selanjutnya ni bakalan di certain perjalanan dari Jogja menuju Bromo. Hal yang paling penting di persiapkan jauh jauh hari adalah Tiket Kereta Api PP Jogja-Probolinggo, secara sekarang yang namanya tiket kereta api, apalagi yg ekonomi susah dapat mendadak apalagi tahun baru. Dah gitu harus memakai ID saat reservasi dan saat memasuki Peron. Nah loo, ketat kan sekarang mau naik kereta?...
Kami memilih kereta api Sri Tanjung jurusan Banyuwani, nantinya turun di Probolinggo. Harga tiket kereta @ Rp 35.000,- jadi PP Rp 70.000,- tiap orang. Berangkat dari Stasiun Lempuyangan jam 07.35 -15.55 WIB di jadwal tiket, tapi kenyataan kami berangkat jam 07.40 WIB dan sampai Probolinggo jam 16.30 WIB. Hahaha bisa dihitung berapa jam perjalanan sampai Probolinggo nya. Secara kami berhenti 20 kali di stasiun stasiun yang di lewati. Rasanya panas, sumuk, lapar. Hahaha, sekarang sedikit ada pedagang asongan yang masuk kereta, masukpun Cuma sebentar aja. Kami beli pecel di pedagang asongan di stasiun Mojokerto seharga Rp 3.000,- murah banget kan?....hahaha rasanya pun gitu, hadeh, dari luar tampaknya menarik, bungkus daun pisang, pas di buka isinya nasi porsi nasi kucing+daun singkong tua rebus+tempe 4 potong kecil2+ bumbu, dan akhirnya q memutuskan nanti q mau beli nasi yang terlihat aja isinya (kecewa).
stasiun
Hemmm rasanya lega banget dah turun dari kereta, hal yang kami lakukan pertama kali turun di Stasiun Probolinggo adalah MANDI, sebenarnya kami bingung mau makan sore dulu atau mau mandi dulu. Hahaha berhubung badan berasa lengket dan warung makan berada diluar stasiun ya kami mandi dulu, sembari nunggu jemputan kita bertiga antri mandi, berhubung kamar mandi di stasiun cuman satu doang ya gentian, hahaha jemputan sudah datang kami belum selesai mandi, kesian mas-mas nya, tapi mereka sabar nungguin kok, wkwkwk.
Hadeh selesai mandi sebenarnya kami beertiga ‘grenengan’, kapan kita ini makan?...lapaaaaaar banget. Hemm tapi kami bertiga g berani bilang sama masnya soalnya takut kalo sampai di bromo kemalaman, jadi ya kami Cuma mampir di alfamart dalam perjalanan menuju bromo. Dari Stasiun Probolinggo- kawasan Bromo ±2 jam perjalanan. Jalan menuju kawasan berkelok-kelok dan sempit jadi harus hati-hati, belum lagi pas kami kesana lagi musim hujan hadeh, tambah deh ngerinya, mana sempet macet lagi tu jeep, tapi oke lah kami bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat meskipun hujan awet.
Saatnya mendirikan dome, hahaha sial kami dikasi tenda agak gede, yang muat 5 orang, coba yang agak kecil gitu biar kami didalam hangat, hahahaha. Mana mas-masnya yang buat dome tu salah, hadeeeh, hujan juga makin deres, ckckckck malang nian nasib kami ini. Hahaha di sinilah nanti kegunaan sleeping bag. tapi sayangnya q g punya dan g sempat pinjam, so q nebeng temanku, heee. Tenda dome udah berdiri, karpet sudah siap, penerangan juga siap, dan saatnya memasak. Masnya si yang nyiapin, kami sekedar membantu buat perapian. Kami piker kami mau di masakin apa, eee ternyata Cuma buat kopi panas yang berasa anget, hahaha secara di gunung, panasnya kaya apa tetep aja g berasa,
Minuman siap, nasi bungkus pun diberikan kepada kami, kami makan dalam keadaan gelap-gelapan soalnya api belum jadi, dan kami keburu lapaar hahaha, akhirnya kami menyantap nasi bungkus berisi nasi+migoreng+telor dengan porsi kuli. Wkwkwkwk, gak habis lah kita. Perut kenyang dan kami mencoba untuk tidur, hahaha tapi ya namanya tidur di alam, gak bisa dah tidur nyenyak, badan rasanya ngilu ngilu karena kedinginan. pas udah di tenda, eeeee masnya panggil panggil dari luar, bilang kalo apinya dah jadi, hahahaa, udah gitu pas mulai pejamin mata masnya nawarin French fries. Sebenernya si pengin makan tapi udah ngantuk berat, ya udah akhirnya kami masukin dalam tenda aja dan dimakan besok pagi. Hahaha ternyata pas pagi-pagi udah bukan French Fries  lagi, tapi Fench Freeze.

perlengkapan

uri dom
Pagi pagi buta, kami mulai packing lagi ngeberesin tenda, dan sarapan. Asik betul rasanya sarapan roti tawar slai keju panggang ama wedang jahe yang sudah di siapkan masnya, hehehehe angeet. Saatnya beberes dan menuju gunung Bromo biar bisa liat sunrise. Untung masnya orang sini, so kita gak perlu ganti kendaraan, hahaha, Jeep bisa masuk sampai kawasan berpasir itu. Nah saatnya mendaki, mendaki dan mendaki. Tapi sebenarnya gak tinggi tinggi banget si naiknya, tapi berhubung jarang bergerak jadi ya ni kaki lambat naiknya, hehehe. Saran si ya kalo naik g perlu bawa barang banyak-banyak cukup kamera+minum aja, kalo gak salah naiknya ±1 jam lah buatku, hahahaha

dari atas bromo
Kawah Bromo

hehehe, kedua tour guide kami
Tiga Bolang dari Jogja, hahaha
Sebenarnya ada kuda yang di sewain tapi ya gak sampai di puncak Cuma sampai di tangga aja, jadi ya mending jalan kaki lah. Hehehehe, sampai di atas puas-pusin foto sambil “de de” hahaha biar anget. Puas foto, turun foto lagi, hahaha, masnya yang skaligus tour guide ni baik banget disuruh moto sana sini mau, heeee the best dah, hahaha. Oya berhubung kami tu gak ada yang sewa kuda tapi pengin foto, kami dengan PD nya nembung sama pemilik kuda mau numpang foto gitu tapi kami bayar kok @ Rp 5.000,- hehehe demi dapetin foto ama kuda, wkwkwk. Bayar nya tu seikhlasnya kok, jadi tenang aja.
Menu ke-3 saat setelah turun gunung
Jeep dan padang pasir

Kios Souvenir
Narsis di Pintu selamat datang

Puas foto ama kuda lanjut ke Pura nya, selesai foto kami cari lokasi untuk makan lagi, masak lagi, foto lagi. Untuk penutupannya kami makan mi rebus sama jus jeruk. Jadi total kita dapat makan+snack 4x, hahahaha lumayan lah ya untuk perjalanan semalam. Gak lupa dong untuk cari souvenir BROMO, hahaha ada banyak pilihannya kok, mulai dari kaos (@ Rp 30.000-Rp 65.000 ), gantungan kunci (@ Rp 7.000), syal (@ Rp 15.000-Rp 25.000), Mug (@ Rp 45.000), tutup kepala/ ‘kethu’ di banderol dengan harga mulai Rp 5.000,- dll. Selesai belanja kamipun diantar kembali ke stasiun Probolinggo, dengan kereta yang sama yaitu Sri Tanjung, berangkat dari stasiun Probolinggo pukul 11.11 WIB dan sampai Lempuyangan pukul 19.19 WIB, Good Bye mas-mas, hee.