Senin, 12 Agustus 2013

Trip To Malang # Round 1 (Jogja - Malang)

Malang, akhirnya bisa memulai ngepost tentang perjalanan bulan Juni kemaren, tepatnya tanggal 24 - 28 Juni 2013, hehehe banyak cerita tercipta dalam per bolangan kemaren. Di mulai dari miss eyik+miss vita...para pencetus perjalanan, wkwkwk, mulai dari pencarian informasi, booking penginepan, booking tiket PP Jogja-Malang, meskipun  bersama mereka hanya sampai tanggal 26 aja, tapi cukup sangat mengesankan, dan tak kan terlupakan. Hehehehe
Perencanaan sudah dari 3 bulan sebelum bulan Juni, jadi kira-kira bulan Maret kedua kawan saya, mencetuskan ide untuk ke Malang, lebih tepatnya tujuan utama ke Pulau Sempu, dan berbekal informasi dari berbagai macam cerita di Blog, di Website, dan lain lain akhirnya kami membulatkan tekad untuk menjalankan misi ke Pulau Sempu. Berawal dari berdua...kemudian q ikut bergabung jadilah kami bertiga...terus ada dua orang lagi yang bergabung....laki laki....dan nambahlah jadi lima orang...terus nambah satu orang lagi...perempuan....jadilah kami berenam....meskipun anggota terakhir mulai bergabung di Malangnya, tapi itu tak jadi masalah, hehehe. Oya untuk anggota ke empat dan kelima ini q sendiri belum pernah ketemu, kenal baru dari diskusi lewat pesan Facebook untuk membahas trip ini. 
Ucapan terimakasih sebesar-besarnya ya kepada para pencetus perjalanan, karena mereka berdua, terutama eyik, dialah yang menjadi team leader ...hehehe yaa q menganggapnya sebagai Team Leader, soalnya dia lah yang mengkoordinasi sebagian besar kebutuhan perjalanan. Setelah fix jumlah orang yang turut serta dalam per bolangan kali ini, saatnya membahas bagaimana sampai ke tujuan. Dan ini ada beberapa tahapan melakukan perjalanan yang kami lakukan.
  1. Mencari anggota (Semakin banyak semakin murah Hehehe)
  2. Mencari Informasi (Sebanyak-banyaknya)
  3. Membuat Jadwal Perjalanan (Biar Jelas Tujuannya meskipun terkadang out of plan....)
  4. Reservasi Tiket Kereta api PP (Online biar bisa pilih tempat...hehehe)
  5. Menghitung Budget (dan ini sangat penting agar tidak merepotkan orang lain....dan trip menjadi menyenangkan...)
  6. Mempersiapkan Logistik secukupnya, terutama minum setidaknya 2 botol aqua besar + 2 botol aqua sedang per orang.
  7. Mempersiapkan pakaian ganti, kamera, baterai, mantol kelelawar, sleeping bag kalo punya, Gunting/ Pisau lipat.
  8. Masting, kompor parafin / kompor gas kecil, korek api, lilin, obat nyamuk, tissue basah, kresek buat sampah, Hansaplast, minyak kayu putih, koyo, dan DUIT. 
Start dari Jogja 25 Juni 2013 di Stasiun Tugu, kami memilih Malioboro Ekspress kelas Ekonomi...di jadwal berangkat jam 22.15 sampai Malang Kota Lama 05.07. Mulai dari jam berangkat ini sedikit masalah sebenarnya buatku, huksss, soalnya untuk sampai ke Stasiun Tugu nya ini gimana gitu, mau naik taxi...pasti mahal...bawa motor sendiri tar biaya penitipannya permalam aja 5.000....kalo bermalam-malam kan sayang juga duitnya, hahahaha. Maklum biasanya ada yang setia antar jaga, hahaha, akhirnya dengan sedikit ragu-ragu meminta tolong pada kk kosku...dan akhirnya mau mengantarkanku ke stasiun. Hehehe, ternyata yang lain juga butuh perjuangan, soalnya ada yang dari Klaten, Solo, dan pertemuan di stasiun Tugu.  
Malabar Kelas Ekonomi
Sebelum berangkat alangkah baiknya membawa bekal makanan berat untuk bekal, hehehe, q bawa nasi ayam sepaket buat di makan besok pagi di Malang, hehehe biar lebih murah. Padahal ya sebenernya sama aja. Ya kami berangkat tepat waktu, nah pas sampai kota malang sekitar 05.30 an gitu, Masi sepi, o iya kami memilih untuk turun di stasiun Kota Lama karena dengan pertimbangan dekat dengan persewaan alat camping, hehehe. Sembari menunggu matahari nongol, dan juga menunggu anggota terakhir datang kami bersantai sejenak di stasiun, niatnya pengin mandi tapi sayang air di stasiun nggak nyala, Pelit.....huh. Dah gitu kami di usir suruh keluar dari area rell kereta, padahal kan WC di dalam semua, uuuuuu petugasnya pelit. akhirnya kami tunggu di luar area rell...sambil sarapan, hehehe dan yang lain juga sama cari sarapan, wkwkwk. 
Stasiun Kota Lama Malang # 1
Welcome to Stasiun Kota Lama Malang 
Stasiun Kota Lama Malang #2
Stasiun Kota Lama Malang # 3
Setelah selesai makan, kami bertiga lanjut cari persewaan alat camping, tak jauh dari stasiun kota lama kok, kira-kira 15 menit jalan kaki, begitu keluar dari stasiun belok kiri sampai di lampu merah pertama nyeberang ke kanan jalan, lanjut terus sampai melewati rumah sakit, nah tidak jauh dari situ letak persewaan alat camping, namanya Edelweiss Adventure, yang ada di lantai dua, soalnya yang bawah kios warung biasa, nah di atasnya baru deh persewaan alatnya. Hehehe, dan sialnya, kami tidak mendapatkan Tenda, karena tenda sudah habis di pesan orang lain, Hiks...rasanya gemes udah jauh jauh nggak dapat tenda pula, dah gitu gimana nasib kami nanti di Sempu???....dan akhirnya kami menyewa terpal dan dua SB (sleeping bag). Dan tarif sewa ada nih di gambar selanjutnya.
Untuk mengantisipasi kejadian yang sama seperti yang kami alami, teman-teman bisa deh siapkan tenda/ dome dari awal, bisa bawa dari rumah, atau bisa reservasi dulu, kalo mau reservasi di Edelweizz Adventure bisa menghubungi Mas Mufidz, Cp : +6285749509898, mas mufid ini baik kok, orangnya juga supel, kadang lucu juga, dan penolong, hahahaha. Soalnya kami sampai di carikan tenda ke teman-temannya tapi memang belum beruntung jadi nggak dapat deh. Terkadang juga mas mufid mengadakan sebuah trip pendakian bersama, jika tertarik bisa tanya tanya langsung ke orangnya, hehehe.

Daftar Harga Sewa Edelweiz Adventure
Peralatan yang di sewakan
Dalam perjalanan kembali ke stasiun kami memesan makanan untuk nanti di sempu sana, hehehe. makanan berat tentunya, harganya lumayan murah dan meriah kok, 6 bungkus nasi+sayur+lauk total Rp 27.000, kami tinggal si pesanannya untuk di ambil nanti pas mau berangkat. Sampai di stasiun, anggota udah genap 6 orang, dan rada kesel nya mereka masi duduk manis menunggu kami, dan tak ada yang mencari angkot menuju sendang biru nya, uwaaaaaaaaa. Rasanya pengin nanges, membuang buang waktu namanya. Jadilah q dan encep mulai mencari angkot dan bernegosiasi harga, ini itu ini itu, hadeh, minta pendapat dulu, bapak angkot kasi harga Rp 400.000,- hahaha, mampus dah, sial nya kita pergi pas BBM baru aja di naikin oleh Bapak ibu di pemerintahan sana, dan kami merasakan imbasnya, tawar menawar sengitpun terjadi, dan akhirnya kami deal di angka Rp 325.000,- syukurlah, masi ada sisa duit, hahaha. Oke siap siap di antar, tapi sebelumnya mampir ambil nasi bungkus dulu, baru deh menuju sendang biru, perjalanan 2-3 jam an sampai ke sendang biru, maboook mabok dah, hahaha. Kami start dari stasiun kota lama jam 08.48 WIB sampai jam 11.11 WIB, hahaha.
Tempat makan, yang anak kecilnya usil banget.
Angkot yang kami sewa
Total Pengeluaran hari pertama
- Tiket kereta Ekonomi Malabar sekali jalan Rp 80.000/orang
- Nasi ayam bungkus untuk sarapan Rp 8.000/orang
- Sewa Terpal dan 2 sleeping bag Rp 25.000/6 orang
- Nasi bungkus Rp 27.000/6 orang
- Tiket Masuk Sendang Biru Rp 40.000/ 6 orang
Yaa perorang sekitar Rp 104.000,-

(to be continue yaaaa...... (^_^) )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar